Jenis Jenis Bahan Sepatu yang Banyak Digunakan

>

 

Jenis Jenis Bahan Pembuatan Sepatu


Jenis Jenis Bahan Pembuatan Sepatu - Sepatu merupakan kebutuhan sandang bagi seluruh umat dunia yang tidak bisa terlepaskan dengan kegiatan sehari-hari. Sepatu mempunyai banyak fungsi antara lain sebagai fungsi fashion/style/gaya dan sebagai fungsi pelindung kaki. Sepatu yang bagus pastinya juga memiliki bahan yang bagus untuk sepatu.


Jenis bahan sepatu merupakan hal yang terpenting dalam pembuatan sepatu. Bahan yang digunakan dalam pembuatan sepatu semakin bagus pastinya harga sepatu juga semakin mahal. Dalam pembuatan sepatu bahan yang digunakan ditentukan dengan kegunaan dari sepatu tersebut. Sepatu tersebut apakah digunakan untuk keperluan outdoor atau indoor.


Bicara dengan jenis bahan dalam pembuatan sepatu. Pada artikel kali ini kita akan membahas macam-macam bahan sepatu beserta gambarnya dan apa saja yang digunakan untuk membuat sepatu.


Jenis Jenis Bahan Pembuatan Sepatu


A. Bahan Utama Sepatu / upper


1. Kanvas

jenis jenis bahan pembuatan sepatu



Jenis bahan sepatu kanvas merupakan jenis bahan sepatu sneakers yang terbuat dari serat benang tumbuhan yang mempunyai tekstur mudah menyerap pada saat proses pewarnaan dan bahan ini mempunyai karakteristik yang ringan dan lentur saat digunakan. Bahan kanvas ini juga memiliki berbagai macam warna.

Bahan kanvas dibandingkan dengan bahan lainnya yaitu bahan ini bisa digunakan untuk menggambar suatu objek dan bisa dilukis. Bahan kanvas ini lebih sering dibuat untuk model sepatu casual dan kebanyakan bahan sepatu ini digunakan untuk sepatu sekolah. Contoh merk sepatu yang berbahan kanvas ini adalah Converse.

2. Denim

jenis jenis bahan pembuatan sepatu


Jenis bahan sepatu denim merupakan nama bahan sepatu yang merupakan bahan/material kain sepatu yang kokoh terbuat dari kain katun twill yang dipadukan dengan serat wol. Bahan denim memilki bentuk sama dengan bahan kanvas tetapi bahan denim ini memiliki tekstur benang yang lebih tebal. Bahan ini memiliki keunggulan kuat, tahan lama, dan tampak elegan saat dipakai.

Pada awalnya bahan denim memang hanya digunakan untuk celana saja, tetapi hingga kini denim digunakan sebagai bahan sepatu. Bahan denim pada sepatu ini tidak jauh beda dengan kain jeans yang ada pada celana yang sering kita pakai. Denim memiliki warna cenderung lebih gelap seperti navy, abu-abu, dan hitam. 

3. Katun / cotton

jenis jenis bahan pembuatan sepatu


Katun merupakan jenis bahan sepatu yang memiliki tekstur lebih lembut dan lebih tipis dibandingkan jenis bahan kanvas tadi. Bahan katun itu material kain yang terbuat dari serat kapas, memiliki tekstur yang lembut dan tahan lama. Bahan katun ini juga nyaman digunakan dan tidak panas. Namun, bahan sepatu katun ini lebih rentan terhadap gesekan dan pemakaian.

Perawatan bahan ini harus hati-hati dan pada bahan sepatu katun ini memiliki double layer pada permukaan luar dan permukaan dalam.
Sepatu yang berbahan katun ini lebih cocok digunakan di tempat indoor, seperti mall, gedung, dan tempat indoor lainnya.

4. Polyester

jenis jenis bahan pembuatan sepatu



Polyester adalah bahan polyester atau disebut juga serat polyester (fiber) merupakan kain jenis bahan sepatu yang terbuat dari serat sintetis yang didapatkan melalui proses kimiawi, polimerisasi, etilen, glikol dan lain sebagainya. Bahan polyester yang berbahan dasar plastik mempunyai sifat yang lentur, anti kerut, dan juga ringan, biasanya sepatu bahan polyester ini digunakan untuk aktifitas seperti olahraga. 

Sepatu yang berbahan polyester ini memiliki keunggulan dan kelemahan. 
Keunggulannya adalah awet dan tahan terhadap kuman, tidak mudah berkerut, cepat kering dan tahan air. Sedangkan
Kelemahannya adalah tidak memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga sulit untuk menyerap keringat berlebih.

5. Mesh

jenis jenis bahan pembuatan sepatu


Mesh adalah jenis bahan sepatu yang hampir sama dengan polyester, tetapi bahan mesh ini lebih ringan dan mempunyai pori-pori yang lebih besar dikarenakan bahan mesh ini dibuat untuk sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga nyaman dipakai dan lebih sejuk dikaki. 

Bahan mesh ini pada sepatu biasanya dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti polyester dan kanvas, ada juga sepatu yang berbahan full mesh, tetapi memiliki dua atau lebih layer untuk melapisi dalamnya agar lebih tebal. Tujuan digunakan bahan mesh ini agar kaki pada saat dipakaikan sepatu tidak pengap dan sirkulasi udara berjalan dengan baik.

6. Leather / Kulit

jenis jenis bahan pembuatan sepatu


Leather adalah jenis bahan sepatu kulit yang terbuat dari kulit hewan maupun kulit buatan. Bahan leather sebenarnya memiliki beberapa macam jenis kulit untuk sepatu, tetapi kali ini kita akan membahas 2 jenis leather yaitu:

a. Leather Original

Leather original merupakan bahan sepatu yang terbuat dari kulit hewan asli. Bahan ini biasanya diolah dari hewan seperti sapi, kambing, domba, kuda, dan rusa yang memiliki kualitas terbaik dan mudah didapatkannya. Leather original termasuk yang paling tinggi kualitasnya karena bahan ini tekstur nya sangat halus dan kuat, dari segi harganya terpaut jauh lebih mahal dengan leather yang sintetis.

b. Leather Sintetis

Leather sintetis merupakan bahan sepatu yang berasal dari campuran bahan-bahan kimia yang diolah di pabrik. Bahan ini harganya lebih murah dibandingkan bahan leather original karena tidak ada unsur kulit sama sekali dalam pembuatannya. Namun, bentuk penampakannya sangat menyerupai kulit asli dan mempunyai tekstur yang mengkilap. Dari segi kualitasnya leather sintetis lebih mudah rusak dan mengelupas.

7. Suede

jenis jenis bahan pembuatan sepatu


Bahan sepatu terbaik yaitu suede merupakan bahan sepatu sama seperti leather yang terbuat dari kulit hewan juga, bedanya suede dengan leather adalah leather bahan sepatu hanya menggunakan kulit bagian luar sedangkan suede bahan yang menggunakan kulit bagian dalam sehingga lebih halus jika ditelusuri dengan tangan. 

Bagian luar yang di finishing memberikan efek seperti bulu lembut  yang menarik. Sepatu yang dibuat dari bahan suede ini memiliki berbagai varian warna. 
Sebagai jenis bahan sepatu yang mewah ini, perawatan harus sangat berhati-hati dikarenakan bahan suede ini memiliki daya tahan yang lemah. Bahan ini tidak tahan terhadap air, minyak, dan bahan kimia lain sehingga harus super hati-hati apabila memakai sepatu ini. 

B. Bahan Sol Sepatu


1. Rubber

jenis jenis bahan pembuatan sepatu


 Rubber merupakan jenis bahan sol sepatu yang terbuat dari karet yang dipanaskan lalu dicetak. Kelebihan dari sol ini adalah bahannya elastis, tahan air, dan cenderung tahan lama terhadap aus atau susut karena sering dipakai. Bahan rubber ini lebih murah dibandingkan bahan yang lainnya, tetapi bahan rubber ini kekurangannya agak licin dan kurang cocok untuk sepatu olahraga.

2. Thermoplastic Rubber (TPR)

jenis jenis bahan pembuatan sepatu

Thermoplastic rubber merupakan bahan sol sepatu yang terbuat dari karet mentah yang dicampur dengan plastik yang dipanaskan lalu dicetak. Sifat dari sol ini cenderung tidak elastis dikarenakan sol ini dalam pembuatannya dicampur dengan plastik. Sol ini baik digunakan di tempat outdoor seperti naik gunung dan petualangan  karena sol ini tidak licin bila terkena air dan cengkramannya sangat kuat. 

3. Thermoplastic Polyurethane (TPU) 

jenis jenis bahan pembuatan sepatu


Thermoplastic polyurethane merupakan bahan sepatu yang berbahan plastik polimer yang dipanaskan. Bahan ini diciptakan untuk alternatif bahan sol karet yang sangat berat dikarenakan bahan sol ini sangat ringan. Kelebihan dari bahan ini yaitu sangat lembut dan fleksibel. Biasanya sepatu berbahan tpu ini dipergunakan untuk aktivitas running atau lari.

4. Eva Foam / Ethyl Vinyl Acetate (EVA)

jenis jenis bahan pembuatan sepatu


Eva foam merupakan jenis bahan sepatu yang dihasilkan dari polimer yang dipadatkan menjadi busa lembut dan dicetak. Jenis sol sepatu ini mempunyai sifat yang sangat lembut dan fleksibel. Material eva foam ini digunakan tidak hanya untuk sol saja, tetapi juga untuk bagian luar sepatu. Sepatu yang menggunakan jenis sol eva foam ini biasanya diaplikasikan pada sepatu basket, sepatu lari, dan sepatu olahraga lainnya yang membutuhkan kenyamanan bagi para penggunanya. 

Kesimpulan

Dari artikel diatas kita jadi tahu jenis jenis bahan sepatu yang kita pakai sehari-hari. Sepatu merupakan fashion yang sering digunakan untuk melindungi kaki ketika sedang berjalan maupun berlari, ketika kita akan membeli sepatu pastinya kita harus tahu jenis sepatu dan jenis bahan-bahan sepatu. Apakah kita memeli sepatu hanya untuk style saja ataukah untuk keperluan atau kebutuhan tertentu?.

Artikel Terkait