Susunan Jabatan Pada Perusahaan Besar di Indonesia

>

Susunan Jabatan Pada Perusahaan Besar
Pabrik Tekstil di Aachen, Jerman


Susunan Jabatan Pada Perusahaan Besar - Di Indonesia terdapat banyak sekali perusahaan besar tekstil maupun non tekstil yang mempunyai banyak karyawan yang dipekerjakan. Suatu perusahaan mempunyai karyawan yang bekerja sesuai tugas, keahlian, dan posisi nya masing-masing. Bagi perusahaan besar struktur jabatan di perusahaan sangat penting dan dapat mempengaruhi kinerja di suatu perusahaan.

Salah satu faktor yang memegang peranan penting akan berkembangnya suatu perusahaan adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan aset yang perlu diperhatikan perusahaan, sehingga perusahaan perlu mendorong sumber daya manusia agar dapat mengembangkan dan meningkatkan ketrampilan yang dimiliki secara optimal. Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan dengan memberikan gaji yang sesuai dengan urutan jabatan yang ada di perusahaan. 

Struktur jabatan pada perusahaan besar sangat penting dan suatu perusahaan harus mempunyai struktur organisasi yang baik karena mempengaruhi kinerja yang ada di perusahaan tersebut. Tingkatan jabatan pada perusahaan dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah keahlian dan gelar yang dimiliki oleh seorang pekerja.


Susunan Jabatan Pada Perusahaan Tekstil

1. Direktur Utama 

susunan jabatan pada perusahaan besar

Direktur utama merupakan orang yang bertugas memimpin dan bertanggung jawab dalam perusahaan. Jalannya keseluruhan proses dan kebijakan-kebijakan yang ada di perusahaan ditentukan oleh direktur utama serta untung ruginya suatu perusahaan tersebut. 

Direktur utama sangat berperan dalam memajukan dan mengembangkan suatu perusahaan sehingga perusahaan menjadi berkembang pesat dan maju. Direktur utama harus memiliki ide-ide yang bermanfaat serta mampu menjadikan perusahaan terus berkembang.

2. Wakil Direktur Utama 

Wakil direktur utama bertugas untuk melaksanakan sebagian tugas pokok dari direktur utama. Wakil direktur bertanggung jawab kepada direktur utama untuk melaksanakan pekerjaan sebagai pembantu direktur utama untuk menjalankan visi dan misi perusahaan.

Wakil direktur utama ikut bertanggung jawab dalam mengatur dan mengontrol sarana dan prasarana serta produksi yang ada diperusahaan. Pada intinya wakil direktur utama bertugas untuk membantu direktur utama dalam menjalankan tugas-tugasnya.

3. Direktur Produksi

susunan jabatan pada perusahaan besar

Direktur produksi merupakan orang yang bertugas dalam mengawasi proses dan menyusun jadwal produksi. Direktur produksi ini mengatur segala kegiatan yang berkaitan dalam proses produksi di suatu perusahaan. Dalam perusahaan direktur produksi sangat berperan penting karena dapat mempengaruhi proses dan jalannya produksi.

Suatu perusahaan memilih direktur produksi tidak sembarang, direktur produksi harus bisa merencanakan dan mengatur jadwal proses produksi agar produksi berjalan dengan lancar. Direktur produksi harus bisa melakukan pengawasan terhadap proses produksi supaya kualitas, kuantitas, dan waktu sesuai dengan rencana perusahaan.

Kepala Produksi

Kepala produksi merupakan jabatan dibawah direktur produksi yang bertugas untuk memimpin suatu bagian atau devisi produksi di suatu perusahaan. Contoh nya pada perusahaan tekstil terdapat bagian devisi pertenunan, divisi persiapan pertenunan, divisi finishing, dan divisi inspecting. Di perusahaan tekstil kepala produksi juga memimpin pada bagian produksi kain dan bagian produksi kaos.

Kepala Bagian

Kepala bagian merupakan jabatan dibawah kepala produksi. Di perusahaan tekstil ataupun perusahaan lainnya kepala bagian bertugas untuk memimpin dan mengawasi jalannya beberapa mesin di suatu produksi. Di devisi produksi terdapat beberapa mesin yang dijalankan oleh operator yang diatur dan awasi oleh kabag (kepala produksi).

Operator

Kita pasti sudah tahu tugas dan job desk seorang operator di suatu perusahaan. Operator bertugas untuk mengoperasikan atau menjalankan mesin produksi. Operator merupakan jabatan terendah dari sebuah perusahaan. Tugas operator terbilang cukup berat dibandingkan yang lainnya. Operator harus bisa menyiapkan bahan baku, menyetting mesin, dan memastikan produk atau bahan baku setelah selesai dimesinnnya harus sampai ke tahap selanjutnya.


4. Direktur Pemasaran 

susunan jabatan pada perusahaan besar


Direktur pemasaran merupakan jabatan di perusahaan yang bertanggung jawab perencanaan dan strategi pemasaran yang telah dirumuskan atau ditetapkan. Direktur pemasaran harus dapat menetapkan kebijakan mengenai memastikan kinerja departemen pemasaran berjalan dengan efektif dan efisien.

Pemasaran merupakan hal yang terpenting dalam perusahaan karena pemasaran menentukan suatu produk perusahaan terjual dan laku di pasaran sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan. Direktur pemasaran sangat berperan dalam menentukan  penjualan suatu produk. Direktur pemasaran harus bisa merumuskan dan menetapkan harga jual produk baik ditingkat distributor maupun konsumen akhir.

5. Direktur Keuangan

sususan jabatan pada perusahaan besar


Direktur keuangan merupakan orang yang bekerja diperusahaan sebagai pengawas laporan keuangan dan kinerja keuangan pada perusahaan. Strategi dan pertumbuhan keuangan pada perusahaan juga dipengaruhi oleh direktur keuangan. Direktur keuangan akan lebih fokus dalam menjalankan peranannya pada lingkup pemantauan dan pengambilan keputusan perusahaan yang berkaitan dengan keuangan.

6. Direktur Operasional 

susunan jabatan pada perusahaan besar

Direktur operasional merupakan orang yang bertugas untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi seluruh pelaksanaan operasional perusahaan. Suatu perusahaan juga butuh orang yang mengecek, mengawasi, dan menentukan semua kebutuhan dalam proses operasional perusahaan. 

7. Direktur HRD

susunan jabatan pada perusahaan besar

Manager HRD adalah orang yang bertugas diperusahaan sebagai tanggung jawab dalam mengelola pekerja atau sumber daya manusia di suatu perusahaan. HRD memiliki tanggung jawab yang besar dalam memajukan perusahaan. Mengelola sumber daya manusia atau pekerja di perusahaan merupakan peran yang sangat penting yang harus dilakukan oleh manager HRD.

Manager HRD dalam merekrut pekerja di suatu perusahaan  tidak sembarangan orang. Para calon karyawan harus melalui beberapa tahap seleksi, mulai dari tes pengetahuan umum, tes psikotest, dan wawancara agar mendapatkan calon sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria perusahaan.

8. Manager Gudang

susunan jabatan pada perusahaan besar

Manager gudang merupakan orang yang bertugas di perusahaan untuk mengatur dan menjaga stok barang digudang perusahaan keluar dan masuknya stok barang tersebut. Manager gudang selalu mengawasi penerimaan dan pengeluaran barang-barang dari gudang. Melakukan pencocokan barang yang keluar masuk dan memberikan kebijaksanaan tentang seluruh aktivitas di gudang perusahaan.

9. Kepala Mekanik

susunan jabatan pada perusahaan besar

Kepala mekanik adalah seorang yang bekerja di perusahaan sebagai orang yang bertanggung jawab atas semua kerusakan dan perbaikan mesin produksi di perusahaan. 
Kepala mekanik dan mekanik sangat penting keberadaannya di suatu perusahaan karena proses produksi pada perusahaan menggunakan mesin yang pada beberapa mesin mengalami masalah atau mati sehinga menghambat proses produksi.

Mekanik bertugas untuk memperbaiki dan merawat mesin agar berjalan dengan baik. Di perusahaan beberapa mekanik dipimpin oleh kapala mekanik yang mengatur dan memberi pengarahan kepada mekanik tentang pemeliharaan dan perbaikan mesin sehingga proses produksi berjalan dengan lancar sesuai dengan prosedur yang berlaku. 

Kesimpulan:

Berdasarkan artikel diatas kita tahu tingkatan jabatan pada perusahaan dapat diperoleh melalui proses wawancara kepada karyawan yang memegang jabatan tersebut. Seorang karyawan perusahaan harus bekerja sesuai dengan kualifikasi dan deskripsi jabatan secara profesional agar perusahaan semakin maju dan berkembang.

Demikian artikel Susunan Jabatan Pada Perusahaan Besar ini. Apabila ada kesalahan ejaan dan kata saya mohon maaf.
Sekian dan Terima kasih.







Artikel Terkait