5 Brand Sepatu Lokal Indonesia Terbaik

>

5 Brand Sepatu Lokal Indonesia Terbaik


5 Brand Sepatu Lokal Indonesia Terbaik - Bicara soal persepatuan ya gaes kita lebih familiar merek sepatu seperti Adidas, Nike, Vans, dan Converse. Itu adalah brand sepatu luar negeri yang banyak diproduksi dan sering dipakai orang Indonesia, tetapi kebanyakan orang indonesia memakai sepatu yang kw nya karena harganya yang murah.

Harga yang original sepatu brand luar negeri tersebut cukup mahal, selisih harganya cukup jauh dengan sepatu kw nya yang banyak diproduksi di Indonesia. Sebenarnya terdapat banyak brand sepatu lokal Indonesia yang kualitas sama dengan brand luar negeri tersebut. Dari segi design, bentuk, dan bahan sepatu lokal memiliki ciri khas masing-masing yang terdapat di setiap produk sepatu nya.


Kita sebagai warga Indonesia seharusnya kita mendukung brand-brand sepatu lokal Indonesia dengan cara membeli produk lokal, sehingga brand sepatu lokal Indonesia dapat bersaing dengan brand sepatu luar negeri.

Sebagai referensi kalian untuk membeli brand sepatu lokal Indonesia, saya akan memberikan informasi nama-nama brand sepatu lokal asli Indonesia yang sudah cukup terkenal ini yang tidak diragukan lagi kualitas nya.

 5 Brand Sepatu Lokal Indonesia Terbaik


1. Ventela


Brand Sepatu Lokal Indonesia Terbaik


Brand sepatu yang bernama Ventela ini cukup terkenal di Indonesia sebagai brand sepatu yang berkualitas dan harganya yang terjangkau.
Brand sepatu lokal asal Bandung ini dimiliki oleh seseorang yang bernama William Ventela yang mempunyai pabrik PT Sinar Runnerindo beralamat di Jl. Kopo Katapang KM 12.8 Bandung 40971 - Indonesia.

Brand sepatu ventela ini memiliki berbagai macam model dan jenis yang cocok dipakai untuk berbagai jenis kegiatan. Pada sepasang sepatu ventela diproduksi dengan melalui proses yang panjang dan detail, dari pemilihan bahan/material, proses produksi, hingga pemeriksaan kualitas yang sangat ketat. 

Bicara soal bahannya pada bagian upper ventela menggunakan bahan canvas 12oz  yang memiliki kualitas yang baik, cukup lembut, dan mempunyai daya tahan yang kuat sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari.

Dari segi dalam nya sepatu ventela menggunakan insole dengan teknologi ultralite foam insole yang membuat insole menjadi terasa empuk dan nyaman sehingga kaki menjadi tidak mudah pegal. Jahitan pada sepatu ini sangatlah rapi sehingga menjadikan sepatu memiliki bentuk yang bagus, kokoh, nyaman, dan tahan lama.

Namun, brand sepatu lokal Indonesia terbaik yaitu Ventela ini memiliki kelemahan yaitu pada bahan sepatu ketika baru pertama kali dipakai, tekstur bahannya agak keras dan tidak lentur. Walaupun lama kelamaan menjadi nyaman dengan sendirinya ketika dipakai.

2. Compass


brand sepatu lokal indonesia terbaik


Brand sepatu buatan dalam negeri yang bernama Compass ini bukan sembarangan brand sepatu karena sangatlah digemari oleh masyarakat Indonesia. Mereka rela mengantri, berdesakkan, hingga menunggu lama demi mendapatkan sepatu lokal Indonesia yaitu compass. Harganya pun cukup terjangkau walaupun lebih mahal dari brand ventela yaitu kisaran 300 ribuan. 

Dengan stock barang yang limited dan susah didapatkannya, para reseller-reseller menjualnya dengan harga tinggi sampai tidak masuk akal bisa sampai 1 juta bahkan lebih. Dari segi kualitasnya pun sepertinya sama dengan brand sepatu lokal indonesia lainnya seperti ventela dan patrobas.

Sistem pembuatan pada sepatu compass ini menggunakan sistem perakitan 100% vulcanized yang merupakan teknik yang digunakan dalam pembuatan sepatu luar terkenal seperti vans dan converse. Teknik 100% vulcanized adalah teknik perakitan karet agar menjadi lebih kuat dengan temperatur tinggi. Teknik ini dibilang cukup langka apabila dibandingkan dengan teknik pembuatan sepatu lain.

Dengan kesuksesan brand lokal compass saat ini yang disukai semua kalangan masyarakat Indonesia, pada awalnya tahun 1998 compass didirikan oleh Ir. Kahar Gunawan yang berlokasi di Bandung. Compass sempat mengalami keterpurukan pada tahun 2000an, alasannya karena minat masyarakat Indonesia cenderung ke produk impor.

Setelah keterpurukan itu, pada tahun 2017 lalu compass menggandeng seorang yang bernama Aji Handoko Purbo sebagai creative director yang sukses memberikan sentuhan baru dan inovatif pada brand asal bandung ini. Kemudian compass merilis produk tersohor yang tak lain adalah Gazelle, salah satu tipe model sepatu compass yang mengusung model vintage tahun 1940-an. 

3. Patrobas


brand sepatu lokal indonesia terbaik

Brand sepatu lokal Patrobas yang memiliki desain dan siluet sendiri yang unik. Patrobas memiliki daya tarik tersendiri dari masyarakat yang melihat sepatunya dari jauh pasti sudah tahu bahwa itu sepatu patrobas tidak ada kemiripan dengan desain sepatu lainnya, seperti halnya sepatu vans dan converse.

Pada desain sepatu patrobas dibagian midsol depan dan belakang terdapat bumper yang melapisi dan di upper nya tedapat siluet garis yang desainnya diambil dari logo patrobas. Sepatu ini memiliki lapisan mesh di lining sepatu yang akan membantu sirkulasi udara selama berkendara dan sekaligus membuat nyaman pemakainya karena bahannya lembut.

Dengan harga yang terjangkau yaitu 200 ribuan sepatu ini memiliki kualitas yang sangat baik, awet, dan tidak mudah mengelupas pada solnya. Soal kenyamanan pada sepatu ini kalau dibandingkan dengan sepatu running jauh lebih nyaman sepatu running, tetapi pada sepatu patrobas saat digunakan terasa empuk pada bagian dalamnya dan tidak keras atau sakit saat tali sepatu dikencangkan. 

Sepatu patrobas mempunyai tempat produksi yaitu pabrik yang bernama PT. Famous Shoes Factory yang berlokasi di Semarang. PT. Famous Shoes Factory berdiri sejak tahun 1970 yang merupakan salah satu produsen sepatu terkemuka pada zamannya, sekaligus menjadi salah satu pabrik sepatu tertua di Indonesia khususnya Kota Semarang. PT ini selama hampir 50 tahun sudah bekerja sama dengan berbagai merk sepatu lokal terbaik maupun luar negeri dan hasil karya dari PT Famous sudah tersebar hampir di seluruh dunia.

4. Geoff Max


brand sepatu lokal indonesia terbaik



Sepatu Geoff Max merupakan brand sepatu lokal yang tidak kalah dahsyat nya dengan brand luar dari segi desain dan kualitasnya. Sedikit tentang Geoff Max merupakan brand sepatu lokal Indonesia yang bergerak dibidang footwear, tetapi kini sudah membuat t-shirt dan juga hoodie. Sudah banyak koleksi sepatu yang diluncurkan GMX ini.

Gambar diatas merupakan sepatu Geoff Max Vista Navy Black namanya yang yang dibuat untuk kenyamanan dan ketahanan setiap hari yang bisa masuk ke outfit apapun. Sepatu ini terasa nyaman saat dipakai dan terlihat sekali desain yang detil dan serius dari sepatu koleksinya.

Footwear GMX memiliki ciri khas di solnya yang sangat cocok digunakan para pecinta extreme sport khususnya skateboard. Variasi warna dan desain kuat dari geoff max yang bercirikan kekuatan sol yang berbahan ringan, jahitannya yang rapi bernuansa seni yang tinggi serta kenyamanan kaki si pemakai tetap dimanjakan dengan style internasional ala lokal.

Produk-produk yang sudah dirilis geoff max kini sudah tersebar luas di Indonesia maupun luar negeri dan sudah masuk kepasar-pasar anak-anak maupun remaja dari kalangan bawah hingga atas dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari 200 ribuan kamu sudah bisa mendapatkan sepatu lokal yang bagus dan kekinian ini. 

Namun, sepatu geoff max ini memiliki kekurangan pada bagian lem solnya terlihat ketika kita lihat secara detail sehingga itu mengganggu detail kerapian dari sepatu tersebut, tetapi itu hanya beberapa item saja. 

Dibalik kesuksesan brand Geoff Max itu semua pastinya ada 2 orang yang bernama Yusuf Ramdhani dan Fauzan Efwanda pada tahun 2012, yang ingin menampilkan  brand sepatu yang berbeda dengan menetapkan konsep old school sebagai ciri khas dari produk-produk geoff max yang pada zaman dulu sangat digemari masyarakat Indonesia khususnya kota Bandung.

5. Piero 


brand sepatu lokal indonesia terbaik


Piero produk lokal tapi rasa internasional ini merupakan produk sepatu asli indonesia yang dikenal punya kualitas yang bisa dipercaya. Model dan desain yang cukup menarik membuat sepatu ini disukai dan kerap menjadi pilihan anak muda, apalagi penggunaan material yang berkualitas tinggi dan nyaman dipakai membuat sepatu ini laris dipasaran.

Bahan-bahan yang digunakan pun sudah melalui proses pemilihan yang ketat, agar untuk memastikan setiap produk Piero punya daya tahan yang tinggi dan nyaman dipakai.

Keunikan dari Piero ini yaitu untuk mengetahui kualitas dan daya tahan pada produk sepatu nya dengan memberikan produk nya ke beberapa atlet untuk dicoba. Kemudian para atlet ini memberikan feedback yang akan digunakan untuk menyempurnakan sepatu nya.

Keunggulan brand sepatu lokal Indonesia yaitu Piero ini adalaah dari segi desain yang oke dan sangat pas bagi anak muda jaman sekarang. Setiap desain yang dibuat selalu disesuaikan dengan jenis kegiatan yang dilakukan ketika menggunakan sepatu tersebut.

Misalnya sepatu untuk bermain skateboard, maka desainnya pun akan dipenuhi dengan nuansa streetwear. Contoh lainnya sepatu lari/running, maka didesain sesuai dengan medan lari, bentuk kaki sipemakai, dan juga bahan insole nya harus empuk agar kaki tetap nyaman dan tidak sakit saat digunakan untuk lari.

Bagi yang belum tahu sejarah berdirinya Piero. Brand sepatu Piero pertama didirikan oleh Djimanto merupakan mantan Ketua Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) pada tahun  1999 yang pusat produksinya terletak di Jakarta. Asal-usul nama Piero berasal dari kata "urip" yang artinya hidup. 

Piero terus berinovasi terhadap produk nya agar sesuai dengan tren dan perkembangan zaman ini dengan desain dan bahan yang berkualitas tentunya dengan harga yang terjangkau. Bicara soal harga sepatu Piero dibandrol dengan harga 200 sampai 400 ribuan.


Kesimpulan

Tren brand sepatu lokal Indonesia kini semakin marak menjadi incaran para pria dan wanita untuk tampil lebih bergaya dan tetap trendi. Akan tetapi, masih ada orang Indonesia yang meragukan kualitas merk sepatu lokal yang seharusnya kita dukung brand-brand lokal untuk terus berkembang dan berinovasi agar dapat menyaingi brand terkenal luar negeri. Caranya yaitu kita membeli produk lokal dan jangan membenci produk lokal Indonesia.



Artikel Terkait

This Is The Newest Post