Pengertian dan Tujuan Proses Pengelosan - Tekstil Indonesia

>




Pengertian dan Tujuan Proses Pengelosan - Dalam artikel ini saya akan menjelaskan materi Pengelosan dalam tekstil, pengertian dan tujuan pengelosan dan juga macam-macam mesin Kelos. Jadi langsung saja gaes baca artikel dibawah ini.

Baca juga: Jenis-jenis Penggulungan Pada Proses Pengelosan

Apa yang dimaksud pengelosan?
Pengelosan adalah proses menggulung benang-benang yang berasal dari suatu bentuk gulungan yang lain tanpa memberikan pengaruh apapun selain untuk memperbaiki mutu dari benang tersebut. Perubahan bentuk gulungan ini dilakukan untuk tujuan tertentu bagi proses selanjutnya.

Tujuan dari Proses Pengelosan adalah
  • Memperbaiki mutu benang yang meliputi: kekuatan,kerataan, dan kebersihan benang 
  • Mengubah bentuk gulungan agar sesuai dengan keperluan proses selanjutnya 
  • Mengusahakan agar kain yang dihasilkan tidak banyak cacatnya
Macam-macam Mesin Kelos:

1. Mesin Kelos Eksentrik



Fungsi dari mesin kelos eksentrik adalah membuat gulungan benang pada bagian dengan bentuk silinder atau kerucut. Cara kerja mesin kelos eksentrik adalah sebagai berikut:

Proses eksentrik memutar roda eksentrik karena roda eksentrik berhubungan dengan peluncur pengantar benang maka pengantar benang akan bergerak menuruti gerakan roda eksentrik .Gerkan ini merupakan gerakan harmonis yang bergerak ke kiri dan ke kanan sejauh kurva dari roda eksentrik.

Dengan demikian pada waktu terjadi penggulungan pada bobin, karena gerakan pengantar benang akan terjadi gulungan yang berbentuk spiral pada bobin poros friksi merupakan kecepatan penggulungan karena berputarnya roda gigi. Roda gigi ini berhubungan dengan gigi pengganti yang dapat diganti-ganti menurut kebutuhan.

Roda gigi Pengganti (change wheel) berhubungan dengan roda gigi poros eksentrik. Dengan penggantian roda gigi pengganti akan didapat suatu perbandingan antara kecepatan gulungan dan kecepatan pengantar benang. Perbandingan itu merupakan besarnya sudut gulungan pada bobin yang dihasilkan.

Dengan mengubah posisi gulungan benang diatas bobin kita dapat menentukan apakah gulungan sejajar atau makin bersilang.

Untuk dapat memperoleh gulungan dengan bentuk silinder atau kerucut dapat kita ubah kedudukan spindle bobin, bila letak spindle sejajar dengan poro friksi, hasil gulungan berbentuk silinder bila spindle bobin membentuk sudut dengan poros friksi karena pengaruh bentuk bobin, maka gulungan yang dihasilkan akan berbentuk kerucut.

2. Mesin Kelos Bersayap


Fungsi Mesin Kelos Bersayap adalah sama dengan mesin kelos eksentrik. Bentuk gulungan yang dihasilkan adalah berbentuk silinder kerucut. Nama-nama bagian yang terdapat pada mesin kelos bersayap antara lain diperlihatkan pada gambar mesin kelos bersayap. 

Cara kerja mesin ini pada prinsipnya adalah sama dengan mesin kelos eksentrik.Perbedaannya ialah bahwa eksentrik yang dipakai pada mesin yang tidak berbentuk roda yang menggerakkan pengantar benang yang berbentuk pada poros peluncurnya.

Jadi itu gaes pengertian,tujuan pengelosan dan juga 2 macam mesin kelos, itu hanya dasar-dasar nya saja dan masih banyak lagi materi tentang Pengelosan.

Baca juga: Pengertian Proses Penghanian (Warping)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini apabila ada pertanyaan silahkan komentar. Sekian



Artikel Terkait